comic

Minggu, 27 Maret 2011

KETIDAK MAMPUAN MANUSIA MENERIMA PERADAPAN BARU

Peradapan merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyebutkan bagian-bagian atau unsur kebudayaan yang dianggap halus ,indah, dan maju.dan konsep peradapan tidak lain adalah perkembangan kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu. Peradapan di daerah yang umumnya pedesaan memang sudah mencapai titik maksimal. Di tandai dengan adanya teknologi baru yang sudah mulai mencapai daerahpedasaan yang pada mulanya belum ada.
Teknologi tersebut antara lain seperti telepon genggam, internet, dan kendaraan bermotor. Dengan adanya teknologi tersebut, maka masyarakat pedesaan akan lebih mudah mendapatkan informasi dan bebas kemana aja. Sehingga dituntut pendidikan yang memadai akan teknologi tersebut. Pendidikan ini harus ada minimal di lingkunan sekolah.

Pedesaan yang mulai menjadi perkotaan hal ini adalah hal yang wajar. Karena masyarakat sudah mengetahui sejak awal. Bahkan teknologi ini sangat mudah untuk didapat. Teknoligi ini merupakan peradapan yang baru. Karena teknologi yang lama sudah tidak dipakai lagi. Sebagai contoh: dahulu pegawai kantor balai desa dalam membuat laporan selalu mengetik mengunakan mesin ketik yang kandang sangat sulit dalam pelaksaannya. Tetapi sekarang kantor-kantor balai desa sudah menggunakan komputer, bahkan ada yang sudah menggunakan internet. Sehingga sangat mudah dalam pengiriman data penduduk di kantor pusat kependudukan.
Dengan adanya sepeda motor, para pekerja tidak harus mendayung sepeda atau berjalan kaki untuk sampai ketempat kerja. Belum lagi waktu yang dibutuhkan sangat lama. Sehinga dengan adanya sepeda motor, tenaga dan waktu dapat dihemat. Ditambah lagi dengan adanya telepon genggam. Masyarakat tidak terlalu repot membuat surat buat saudaranya hanya untuk menanyakan kabar. Dengan sekali kirim pesan atau telepon kita dapat mengetahui kabar saudara dengan cepat walaupun jaraknya sangat jauh.
Teknologi ini mempermudah masyarakat dalan mencapai keinginanya. Dan dapat menerima kabar dengan mudah dan hemat waktu. Masyarakat lebih cepat maju mengimbangi masyarakat perkotaan. Tapi permasalahn yang timbul banyak sekali. Karena selain dari segi positif, terdapat juga segi negatifnya.
Teknologi ini sering disalah gunakan, bahkan ada yang merugikan sebahagian masyarakat. Sepedamotor yang dulu hanya kalangan orang dewasa, sekarang anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar dapat menggunakanya dan bebas memakainya. Padahal dalam penggunaanya harus memiliki pengetahuan yang cukup serta kelihaian dalam berkendara. Di pedesaan, polisi yang mengatur lalu lintas belum dapat mengatasi hal ini. Karena biasanya polisi hanya mengatur lalu lintas di perkotaan. Hal hasil dari kejadian ini anak –anak sering mnjadi korban. Biasanya akibat kecelakaan mulai dari terluka, hilang anggota badan, bahkan meninggal dunia.
Teknologi telekomunikasi (telepon genggam) dapat juga mengakibatkan kerugian. Dipedesaan biasanya masyarakat mudah tertipu. Dengan iming –iming undian berhadiah dari pesan singkat di telepon genggam mereka rela mentransfer uang yang gak jelas siapa orangnya. Hasilnya, hadiah gak dapat dan uang pun lenyap.
Apalagi interet sering disalah gunakan. Mereka (biasanya remaja dan anak- anak) rela menghabiskan uang bahkan waktu belajar hanya untuk main game online. Terlebih lagi membuka situs – situs yang tk baik yang tak wajar dilihat remaja bahkan anak –anak. Selain itu di kantor balai desa, pegawai harus mampu dan lihai dalam mengoperasikan komputer. Jika tidak, komputer dikantor tersebut hanya menjadi pajangan saja. Biasanya anak yang baru lulus SMA tidak memahami cara kerja dari komputer tersebut karena sekolah dipedesaan kurang mampu untuk menyediakan pendidikan tentang komputer tersebut akibat anggaran dana yang kurang. Hal hasil anak yang tamat SMA hanya bisa nganggur di rumah saja.
Teknologi terbaru sekarang adalah adanya pelayanan internet pada telepon genggam. Sehingga dengan mudah seorang anak untuk mengakses semua situs yang diinginkan dimana saja dan kapan saja. Ditambah mudahnya dalam penstranferan data antar telepon genggam dengan adanya bluetooth. Sehinnga anak dapat menyimpan file yang tak wajar di simpan. Seperti foto-foto dan film – film porno. Belum lagi telepo genggam digunakan untuk menelepon, bahkan yang diteleponya adalah pacarnya yang seharusnya seorang anak harus fokus terhadap pelajaranya. Sehingga pendidikan di indonesia menjadi menurun.
Permasalahanya peradapan baru ini belum bisa diterima oleh masyarakat desa. Hal ini terjadi akibat kontrol orang tua yang kurang terhadap anak dan kurangnya dana dalam mencapai hal ini. Orang tua kurang mampu menyekolahkan anak kekota akibat biaya yang dibutuhkan besar. Sedangkan sekolah di desa kurang memadai perlengkpanya untuk memberikan pelayaan terhadap murid.
Jadi orang tua harus mampu membimbing anak untuk tidak melakukan hal yang belum pantas dilakukanya. Seperti berkendara sepeda motor dibawah umur, tidak tahu peraturan lalu intas, tidak dapat mengatur waktu, dan sebagainya. Saranya orang tua harus dapat mengetahui hal – hal yang dapat terjadi dri perubahan peradapan ini. Jangan hanya bisa diam dan pasrah terhadap keadaan yang terjadi. Dan orang tua harus tegas terhadap anak –anaknya.

0 komentar:

Posting Komentar