A. Perkiraan Masyarakat Masa Depan
Perubahan masyarakat masa depan dan kebudayaan dari hari kehari semakin cepat yang meliputi seluruh aspek manusia. Perubahan yang semakin cepat ini merupakan ciri masyarakat masa depan yang dapat dilihat dari beberapa karakteristik umum, yaitu :
1) Kecendrungan globalisasi
2) Perkembangan IPTEK
3) Perkembangan arus komunikasi dan informasi yang semakin cepat
4) Tuntunan layanan professional
1. Kecendrungan Globalisasi
Pengertian globalisasi bagi ilmuwan social diartikan sebagai proses penyebaran rasa cipta dan karya suatu kebudayaan sehingga diterima dan diadopsi oleh kebudayaan lain diseluruh dunia (selo sumardjan, 1993 yang dikutip yusufhadi, 1997). Dalam proses globalisasi, budaya yang kuat dan agresif akan mempengaruhi budaya yang lemah dan pasif. Budaya yang kuat dan agreesif adalah budaya yang bersifat progresif yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
b. Mempunyai kebiasaan membaca yang tinggi
c. Mempunayai kemampuan menyerap dan mengembangkan Ip dengan cepat dan benyak
d. Terbuka terhadap inovasi dan selalu berusaha mencari hal-hal yang baru
e. Mempunyai pendangan hidup yang berdemensi local, nasional dan universal
f. Mampu memprediksikan dan merencanakan masa depan
g. Memanfaatkan teknologi yang selalu berkembang
Emil Salim (1990) mengemukakan bahwa terdapat empat bidang yang paling kuat dan menonjol daya dobraknya yaitu : Bidang IPTEK, Bidang ekonomi, Bidang lingkungan hidup dan Bidang pendidikan.
2. Perkembangan IPTEK
Salah satu ciri masyarakat masa depan adalah perkembangan IPTEK yang semakin cepat. Perkembangan IPTEK dapat berdampak positif maupun negative, tergantung pada kondisi social budayanya dalam menerima informasi atau teknologi tersebut. Dampak positifnya adalah dapat memudahkan dalam memenuhi kebutuhan pembangunan. Segi negative terjadi jika kondisi social budaya belum siap menerima pengaruh IPTEK tersebut.
3. Perkembangan Arus Komunikasi dan Informasi yang Semakin Cepat
Semakin maju suatu masyarakat, semakin banyak informasi yang diperlukan dalam waktu yang semakin pendek serta dalam jangkauan yang semakin luas.perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, seakan-akan telah mengatasi dimensi ruang dan waktu. Penggunaan satelit komunikasi dan computer telah membuka peluang adanya surat kabar elektronik, siaran langsung dari berbagai penjuru dunia tentang berbagai peristiwa penting yang sedang terjadi atau wawancara jarak jauh melalui televise. Yusufhadi Miarso (1997) mengemukakan bahwa perkembangan dalam era reformasi ditandai oleh ciri-ciri sebagai berikut :
a. Meningkatkan daya muat dalam mengumpulkan, menyimpan dan menyajikan informasi
b. Meningkatkan kecepatan penyajian informasi
c. Melimpahkan miniaturisasi perangkat kelas
d. Keragaman pilihan informasi
e. Biaya perolehan informasi dari jarak jauh semakin menurun
f. Kemudahan penggunaan produk informasi
g. Distribusi informasi semakin luas
h. Meningkatkan kegunaan informasi
4. Tuntunan Layanan Profesional
Masyarakat masa depan ditandai oleh kebutuhan akan layanan professional dalam berbagai bidang kehidupan. Layanan professional ini diberikan oleh pemegang profesi tertentu. Profesi pada dasarnya adalah suatu bidang pekerjaan khusus yang ditandai dengan keahlian dan tanggung jawab. Suatu profesi mempunyi ciri sebagai berikut :
a. Lebih mengutamakan pelayanan kemanusiaan yang ideal
b. Terdapat sekumpulan bidang ilmu yang menjadi landasan dari sejumlah prosedur serta waktu yang relative panjang untuk mempelajarinya
c. Terdapat suatu mekanisme saringan berdasarkan kualifikasi tertentu, sehingga hanya yang berkompeten yang boleh melaksanakan layanan profesi
d. Terdapat kode etik
e. Terdapat informasi profesi yang berfungsi menjaga atau meningkatkan layanan profesi dab melindungi anggotanya
f. Pemangku profesi memandang profesinya sebagai suatu karir hidup dan menjad anggota yang relative permanen
B. Upaya Pendidikan dalam Mengantisipasi Masa Depan
Untuk menghadapi tantangan masa depan yang globalisasi, IPTEK, arus informasi yang cepat dan layanan professional, maka diperlukan pembaharuan pendidikan yang dilakukan secara sistemik dan sistematik, yaitu pendidikan yang dirancang secara teratur melalui perencanaan yang bertahap dan menyeluruh mulai dari lapisan system pendidikan nasional, lembaga pendidikan sampai lapis individual. Pembangunan manusia Indonesia seutuhnya merupakan kunci keberhasilan bangsa dan Negara Indonesia dalam menghadapi masa depan. Oleh sebab itu perlu dikaji; tuntutan bagi manusia masa depan dan upaya mengantisipasi masa depan.
1. Tuntutan bagi manusia masa depan
a. Tanggap terhadap berbagai permasalahan social, politik, kultura dan lingkungan
b. Kreatif dan memenuhi alternative pemecahan masalah
c. Memiliki etos kerja dan efesien
Oleh sebab itu pendidikan menurut Makaminan Makagiansar (1990) perlu mengembangkan empat pokok dari peserta didik :
a. Kemampuan mengantisipasi perkembangan berdasarkan ilmu pengetahuan
b. Kemampuan dan sikap untuk mengerti untuk mengatasi masalah
c. Kemampuan untuk mengakomodasikan perkembangan IPTEK serta dampak perubahannya
d. Kemampuan menyelaksi informasi yang diperoleh
2. Upaya mengantisipasi masa depan
a. Pembentukan / perubahan sikap atau nilai
Untuk mengantisipasi masa depan yang bersifat global dan arus informasi yang cepat, maka tugas pendidik yang utama adalah pembentukan nilai dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang mendasari kepribadian Indonesia. Pembentukan nilai dan sikap dalam diri seseorang dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti pembiasaan, keteladanan dan sebagainya. Pembentukan harus dilakuakan dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat secara bersama dan bertanggung jawab.
b. Pengembangan kebudayaan
Saling pengaruh dalam pengembangan kebudayaan didunia merupakan hal yang lumrah, namun pengembangan budaya tersebut harus dapat melestarikan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia sebagai ketahanan budaya yang menjadi acuan pokok dalam memilih dan memilah segala pengaruh yang datang dari luar agar tidak terjadi krisis identitas bangsa Indonesia.
c. Pengembangan sarana pendidikan
Pengembangan sarana pendidikan merupakan salah satu prasyarat utama untuk memperoleh kesempatan menghadapi tantangan masa depan. Pengembangan sarana pendidikan dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan pendidikan telah dilakukan sejak 25 tahun yang lalu khususnya dalam mengatasi masalah pemerataan pendidikan dan akan terus dilanjutkan. Untuk menghadapi era globaalisasi,ada beberapa upaya yang masi perlu dilakukan yaitu :
1) Pemantapan kurikulum (kurikulum inti dan local)
2) Pemantapan strategi pembelajaran
3) Peningkatan kualitas tenaga kependidikan
4) Peningkatan sumber daya pendidikan lainnya
0 komentar:
Posting Komentar