comic

Kamis, 14 Oktober 2010

PENDIDIKAN DAN PEMBANGUNAN NASIONAL



A.     Konsep Pembangunan Sebagai Usaha Perubahan yang Terencana
         Hakekat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia dan masyarakat Indonesia, yang dilakukan secara berkelanjutan, berlandaskan kemampuan nasional, dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologa serta memperhatikan tantangan perkembangan global, manusia sebagai objek pembangunan sasarannya harus terarah pada pembangunan manusia itu sendiri (rohani).
         Usaha ini bisa ditempuh melalui pendidikan, Fuad Hasan dalam Umar tirtarhardja dkk, menyatakan “manusia adalah makhluk yang terentang antara potensi dan aktualisasi” manusia sebagai subjek, pembangunan diarahkan kepada kemampuan untuk mengelola dan memanfaatkan lingkungan secara dinamis, kreatif dan manusiawi, usaha inilah yang dissebut pembangunan.

B.     Peranan Manusia Dalam Pembangunan
         Dr. Emil Salim (1987) menyatakan pembangunan harus didasarkan atas prinsip moral dan memuat pokok-pokok sebagai berikut :
1.      Pembangunan adalah ibadah kepada Allah SWT.
2.      Pembangunan memuat kegiatan mengejar kemampuan lahiriah dan kemajuan bathiniah.
3.      Dalam melaksanakan pembangunan manusia memiliki tanggung jawab selaku pengelola di muka bumi.
4.      Pembanunan tertuju pada pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.
5.      Pembangunan adalah pembebasan diri manusia dari berbagai hambatan perbuatan manusia dan ketimpangan sosial agar tercapai kualiltas martabat manusia setinggi-tingginnya.
Pembangunan nasional yang dilaksanakan melalui jangkauan luas dan jauh berhasil tidaknya program pembangunan, yang amat berperan sekali adalah faktor manusianya.



C.     Peranan Pendidikan Dalam Pembangunan Nasional
1.      Peranan Pendidikan dalam Pembangunan Perubahan Masyarakat pada Umumnya
Peranan pendidikan terhadap pembangunan dapat dilihat dari berbagai segi seperti :
Ø  Segi sasaran pendidikan
Ø  Lingkungan pendidikan
Ø  Lingkungan sekolah
Ø  Lingkungan masyarakat
Ø  Jenjang pendidikan

2.      Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia
peranan pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia diantaranya :
a.       Mencerdaskan kehidupan bangsa
b.      Membangun manusia sebagai pelaksana tranformasi
c.       Membina manusia menjadi tenaga produktif
d.      Membentuk kepribadian yang berorientasi kepada prestasi
e.       Memperhitungkan dimensi sumber daya manusia dan pembangunan lapangan kerja
f.       Merobah pola piker masyarakat yang masih pada taraf rendah

3.      Peranan Pendidikan dalam Pemeliharaan Lingkungan Hidup
         Secara umum yang dimaksud dengan lingkungan adalah segala benda, kondisi, keadaan yang mempengaruhi kehidupan makhluk, termasuk manusia. Peranan pendidikan dalam pembangunan lingkungan hidup sebagai berikut :
a.       Memberikan arahan pada manusia bahwa memelihara, mengelola dan melestarikan lingkungan hidup adalh suatu keharusan.
b.      Memberikan bimbingan bahwa pengendalian alam harus bersifat rasional dan tidak merusak tata lingkungan hidup manusia.
c.       Supaya pembangunan yang dilaksanakan dapat menjaga keseimbangan dan pembinaan ekosistem.
d.      Untuk mengolah sumber daya alam masyarakat dapat memberikan manfaat bagi manusia.
e.       Untuk menselaraskan antara kebutuhan masyarakat dengan daya dukung alam yang ada.
f.       Membudayakan pola hidup yang serasi dengan ekosistemnya.


0 komentar:

Posting Komentar